Pendidikan

1.173 Siswa SMPN 1 Kota Bandung Diimunisasi Difteri

1.173 Siswa SMPN 1 Kota Bandung Diimunisasi Difteri

1.173 Siswa SMPN 1 Kota Bandung Diimunisasi Difteri

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung melakukan imunisasi difteri secara masal  SMPN 1  di Jalan Kesatriaan, No. 12, Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo,  Kota Bandung, Senin (5/2/2018).

Program outbreak response immunization (ORI) digelar untuk menekan angka kasus difteri di Kota Bandung. Dinkes rencananya akan memberi imunisasi pada 692.740 warga berumur 1-18 tahun sepanjang tahun ini. Masing-masing orang bakal menjalani tiga kali suntik imunisasi, masing-masing di Februari-Maret, Juni-Juli, dan Desember-Januari 2019.

Program pemberian imunisasi ini merupakan program pemerintah pusat menyusul

penetapan status kejadian luar biasa (KLB) difteri di belasan provinsi di Indonesia, termasuk Jawa Barat.

Kadinkes Rita Verita mengatakan, Kota Bandung bukan merupakan kota yang melaporkan KLB difteri, namun program ORI dilakukan karena kota ini masuk yang rentan atas peningkatan kasus difteri.

“Kota Bandung merupakan daerah transit dengan mobilitas sangat tinggi, terutama

oleh para turis-turis domestik. Kondisi ini membuat Bandung rentan untuk terjadinya peningkatan kasus difteri,” kata Rita di SMPN 1 Kota Bandung.

Rita menjelaskan, berdasarkan data Kementerian Kesehatan per 6 November 2017, terdapat 123 kasus dengan 13 kematian yang tersebar di 18 kota/kabupaten di Jawa Barat. Di Kota Bandung, jumlah kasus difteri meningkat dari enam kasus pada 2016 menjadi sembilan  kasus pada 2917. Tercatat dari sembilan kasus tersebut, satu orang meninggal.

Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Bandung Teja Sukmana mengatakan, pelaksanaan imunisasi masal

ini berjalan lancar. Pasalnya, beberapa hari sebelum prlaksanaan pihaknya sudah melakukan sosialisasi, baik kepada siswa maupun orang tua siswanya.

Ia menambahkan, semuanya hadir, bahkan yang lagi kurang sehat juga tetap hadir untuk mendapatkan imunisasi.

 

Sumber :

https://www.kakakpintar.id/