Pendidikan

Bagian-Bagian Atmosfer

Bagian-Bagian Atmosfer

Bagian-Bagian Atmosfer

Bagian-bagian atmosfer terdiri dari:

Troposfer

Lapisan troposfer pada atmosfer adalah lapisan udara yang paling rendah dengan ketinggian 0-10 km. Lapisan tersebut bersinggungan langsung dengan bumi dan memiliki kandungan massa udara terbesar. Semua gejala cuaca yang terjadi di bumi terdapat di lapisan ini. Lapisan troposfer berfungsi sebagai penghantar suara. Pada lapisan ini, terdapat awan, debu, hujan, salju dan uap air.

Stratosfer

Lapisan Stratosfer pada atmosfer memiliki ketinggian sekitar 11-48 km. Pada bagian bawah lapisan ini, temperaturnya lebih dingin dan mengandung butir-butir sulfat. Walaupun pada lapisan ini tidak terdapat uap air, debu, dan awan, lapisan stratosfer berfungsi membentuk hujan. Pada lapisan ini juga terdapat lapisan ozon.

Mesosfer

Lapisan Mesosfer pada atmosfer memiliki ketinggian sekitar 49-80 km. Pada lapisan ini, kepadatan gas berkurang dan temperatur semakin tinggi. Lapisan ini merupakan tempat terbakarnya meteor atau benda-benda dari angkasa luar yang menuju bumi. Lapisan mesosfer juga berfungsi untuk memantulkan gelombang radio ke bumi.

Thermosfer

Lapisan Thermosfer pada atmosfer memiliki ketinggian sekitar 81-482 km. Temperatur di lapisan ini sangat tinggi. Lapisan thermosfer disebut juga lapisan ionosfer karena merupakan tempat terjadinya ionisasi. Peristiwa ionisasi ini menghasilkan cahaya warna-warni yang disebut aurora.

Eksosfer

Lapisan eksosfer pada atmosfer berada pada ketinggian di atas 500 km dari permukaan bumi. Gerakan molekul-molekul udara di lapisan ini sangat cepat. Gravitasi bumi mempunyai pengaruh yang kecil terhadap molekul-molekul udara yang ada, sedangkan pengaruh angkasa luar semakin kuat.


Sumber:

https://www.gurupendidikan.co.id/