Pendidikan

Kadis Dikpora Melepas Kontingen Maluku Ikut FOT Tingkat Nasional

Kadis Dikpora Melepas Kontingen Maluku Ikut FOT Tingkat Nasional

Kadis Dikpora Melepas Kontingen Maluku Ikut FOT Tingkat Nasional

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Provinsi Maluku Drs. Semmy Risambessy, MM

bertempat diaula Dikpora Maluku Rabu (18/6) melepas kontingen Maluku untuk mengikuti Festival Olah Raga Tradisional (FOT) tingkat Nasional, yang berlangsung di Jakarta.

Dalam arahan pelepasan Kadis lebih menekankan agar melalui festival olah raga tradisioal ini dapat meningkatkan jiwa cinta budaya bangsa,serta semangat persahabatan, kebersamaan, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan dari masyarakat Indonesia yang plural dan multikulltural sebagai unsur pembentukan bangsa.

Karenanya, olah raga tradisional ini merupakan bagian dari sebuah budaya

, yang perlu mendapat prioritas untuk digali, dibina, dilindungi, dilestarikan dan dikembangkan, sehingga mampu menjadi penopang industri pariwisata sekaligus mendatangkan devisa.

Selain itu pembinaannya harus mengandung nuansa hiburan, yang dapat mendorong serta memperkuat persatuan dan kesatuan yang dinampakkan dalam pola pikir dan sikap dalam bersosialisasi, berkomunikasi antar sesama, yang pada gilirannya akan membentuk sikap tertentu,‚ÄĚtandas Risambessy.

Sementara itu Ketua Panitia Drs. D. Lesnussa melaporkan, tujuan dari kegiatan ini

yakni untuk menggali dan melestarikan olah raga tradisional yang ada didaerah, sekaligus meningkatkan jiwa akan cinta budaya daerah dan semangat persahabatan, kebersamaan, serta kekeluargaan.

Peserta yang mengikuti Festival Olah Raga Tradisional tingkat Nasional ini berasal dari Sanggar Skuder Kota Ambon dengan jumlah 20 orang, dan berlangsung dari tanggal 19 sampai dengan 21Juni 2014 di Jakarta.(TM.04)

 

Baca Juga :