Teknologi

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 5

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 5

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 5

Apple sebagaimana di sebutkan pada artikel sebelumnya telah merilis produk tercanggihnya yaitu iPhone 5. Gadget yang memberi banyak kejutan kepada pelanggan. Pasalnya banyak fitur-fitur baru yang mengejutkan pengamat teknologi maupun pelanggan. Ketika Apple merilis iPhone 4 yang disusul kemudian dengan seri 4S, ranah smartphone seolah mengalami gegap gempita. Euforia itu tak terelakan, dan para pemburu gadget rela merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkannya. Lantas, bagaimana dengan kehadiran iPhone 5?
Mesti diakui, iPhone merupakan produk Apple yang sarat gengsi bagi penggunanya. Bukan hanya aplikasi dan fiturnya yang spesial, namun juga harga dan konsumen pemakainya boleh dibilang kalangan tertentu. Dialah iPhone 5. Tapi, mari kita simak, kelebihan dan kekurangan ponsel cerdas ini.

Kelebihan:  
iPhone 5 yang baru diluncurkan apple diyakini memiliki beberapa kelebihan di bandingkan dengan seri sebelumnya. Selain bentuk fisiknya yang lebih tipis, beberapa fiturnya pun lebih unggul, serta telah menggunakan iOS 6 yang notabene sistem operasi terbaru milik Apple. Berikut beberapa kelebihannya yang dikutip dari morningsun.net.
  1. Lebih Cepat: kehadiran iPhone 5 yang sudah memiliki konektivitas jaringan LTE, dipastikan akses data lebih cepat dari 3G.
  2. Fitur Wallpaper: Ada fitur baru pada iOS 6 yakni sebuah logo sebagai wallpaper dan membuatnya tak bisa diganti orang lain. “Fitur ini memang unik, meski belum tentu semua pebisnis menyukainya,” tukas Albert Navis, pemerhati gadget.
  3. Map dan Navigasi Baru: Dengan iOS 6, pengguna dapat mengkombinasikan aplikasi Siri dan Map agar bisa membantu untuk mencari sebuah lokasi tertentu. 
  4. FaceTime: Aplikasi ini biasanya membantu para pebisnis yang sedang di luar kota untuk tetap berhubungan dengan keluarganya di rumah. “Dengan iOS 6, pengguna dapat lebih mudah terkoneksi dengan internet atau Wi-Fi sehingga lancar saat mengobrol via FaceTime,” ujar Albert. 
  5. Passbook: Aplikasi ini tersedia untuk membuat segala kartu pass pengguna menjadi serba digital. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk check-in layaknya Foursquare.
  6. Pembaruan email: Apple menambahkan satu fitur baru pada aplikasi email. Pengguna dapat mengatur siapa saja kontak penting dan ditandai sebagai VIP. Selain itu surat di kotak masuk juga bisa ditandai. 
  7. Fitur Alih Panggilan: Saat rapat, deringan telepon biasanya sangat tidak diharapkan karena dapat memecah konsentrasi. Karena itu, Apple menyiapkan fitur yang dapat bekerja secara otomatis saat panggilan datang. “iPhone 5 akan langsung mengirimkan SMS ke orang yang melakukan panggilan sehingga ia bisa tahu bahwa yang dihubungi sedang rapat,” ungkap Albert.
Kekurangan: 
Dibalik kelebihannya tersebut, ternyata iPhone 5 juga memiliki kekurangan. Berikut diantaranya.
  1. Tampilan Antarmuka Baru: Setiap sistem operasi memiliki keunggulan tersendiri. Windows Phone dengan tampilan ubinnya, lalu Android yang mirip dengan iOS, tapi menambahkan fitur widget. “Namun, iPhone 5 tidak memiliki tampilan antarmuka yang benar-benar baru,” Tim Scholasvan, penulis kolom dari morningsun.net. 
  2. Isi Ulang Baterai dengan Wi-Fi: Tidak seperti Nokia Lumia 920 dan 820, iPhone 5 belum memiliki fitur isi ulang baterai melalui Wi-Fi. Konon, jika tidak di tahun ini, tahun depan Apple akan merenovasi. 
  3. Siri: Siri memang menarik. Tapi lebih hebat jika kemampuannya bisa lebih dari itu. “Misalkan, iPhone bisa membangunkan penggunanya, lalu secara otomatis memberi tahu berita di pagi hari, info ramalan cuaca, atau membuka email tanpa diperintah,” ujar Tim.
  4. Fitur Gerakan: Fitur pengenal wajah sebenarnya sudah dipatenkan Apple. Tapi jika hanya punya kemampuan untuk membuka kunci layar, kesannya biasa saja. 
  5. Pelindung: iPhone 4 dan 4S memiliki lapisan kaca sebagai pelindungnya. Tapi ternyata banyak yang menginginkan jika iPhone 5 benar-benar tahan banting.(ria/R-2)

Sumber : https://earlraytomblin.com/