Teknologi

YouTube mengklaim berbagi miliaran uang iklan dengan pembuat, tidak seperti Instagram

YouTube mengklaim berbagi miliaran uang iklan dengan pembuat, tidak seperti Instagram

 

YouTube mengklaim berbagi miliaran uang iklan dengan pembuat, tidak seperti Instagram

YouTube mengklaim berbagi miliaran uang iklan dengan pembuat, tidak seperti Instagram

Google minggu ini mengungkapkan detail tentang pendapatan iklan YouTube untuk pertama kalinya sejak membeli perusahaan, dan angkanya agak mengejutkan. Situs ini menghasilkan pendapatan iklan lebih dari $ 15 miliar tahun lalu – dan akan dengan cepat memberi tahu Anda berapa banyak yang kembali ke penciptanya. Kedengarannya tidak banyak – setidaknya sampai Anda membandingkan situs dengan saingan media sosial Instagram.

Anda dapat membaca uraian hasil keuangan Google di sini . Selain $ 15,1 miliar yang diperolehnya dari pendapatan

iklan, iklan itu menghasilkan $ 3 miliar lagi dalam langganan berbayar, seperti YouTube Premium dan YouTubeTV. Ruth Porat, CFO dari perusahaan induk Alphabet, mengatakan dalam panggilan kepada analis ( melalui AdAge ) bahwa ” Kami membayar sebagian besar pendapatan kami kepada pencipta kami.” Dengan asumsi dia benar tentang itu, itu berarti perusahaan membayar sekitar $ 8 miliar uangnya kepada orang-orang yang meng-host iklan yang menguntungkan.

Konferensi TNW Couch
Bergabunglah dengan para pemimpin industri untuk menentukan strategi baru untuk masa depan yang tidak pasti

DAFTAR SEKARANG
[ Baca: Instagram menghapus tombol IGTV yang tidak digunakan siapa pun ]

Namun, sebesar tawaran pendapatan iklan YouTube, itu masih dikalahkan oleh orang-orang seperti Instagram. Menurut laporan baru dari Bloomberg, aplikasi milik Facebook itu meraup $ 20 miliar dalam pendapatan iklan. Ini bukan laporan pendapatan langsung dari perusahaan, tetapi pikirkan tentang berapa banyak iklan yang Anda lihat di Instagram pada setiap gulungan yang diberikan, dan beri tahu saya bahwa jumlahnya tidak terdengar mendekati kebenaran. Anda berharap setidaknya sebagian dari uang itu

Tidak setiap hari saya bisa mengadakan pertempuran head-to-head antara dua perusahaan terbesar atas apa yang

mereka berikan kembali, tetapi saya melakukannya sekarang. Inilah hal tentang iklan YouTube: kebanyakan dari mereka terkait dengan pembuat tertentu, dan YouTube menyimpan 45 persen dari pendapatan dari iklan tersebut. Ini mungkin apa yang dimaksud Porat ketika dia mengatakan YouTube mengembalikan sebagian besar pendapatan iklan kepada pembuatnya.

Instagram, di sisi lain, tidak membayar pembuatnya secara langsung. Jadi sementara Instagram menghasilkan lebih banyak pendapatan iklan, itu tidak benar-benar mengembalikan uang itu ke penciptanya. Satu-satunya cara Instagrammers dapat menghasilkan uang dari pekerjaan mereka adalah bermitra dengan perusahaan secara langsung. Sampai baru-baru ini, Instagram bahkan tidak menawarkan mekanisme di mana sponsor dan Instagrammers dapat dengan andal melacak tampilan pada posting yang disponsori. Pembuat harus mengandalkan perangkat lunak pihak ketiga yang sering samar. Sejak ditanggulangi bahwa agak melalui alat yang disebut manajer collab merek , tapi itu masih tidak membayar apa pun kepada pencipta secara langsung.

Yang mengatakan, YouTube juga tidak sempurna: sementara pencipta utama tidak diragukan lagi menuai rampasan

dari pekerjaan mereka secara teratur, pengguna YouTube tingkat menengah dan bawah sering merasakan sengatan dari apa yang mereka sebut “adpocalypses.” Rasanya seperti kami memiliki salah satu dari mereka setidaknya setahun sekali, dan istilah ini merujuk pada pengiklan besar yang menarik diri dari YouTube karena beberapa anggapan yang salah. Pendapatan dari YouTube dapat mengering secepatnya, sehingga secara substansial kurang dapat diandalkan dibandingkan dengan angka kemerahan 55 persen akan membuatnya terdengar.

Apa pun itu, tampaknya tidak ada cara hebat bagi kebanyakan orang untuk menghasilkan uang di platform sama seperti platform menghasilkan uang untuk diri mereka sendiri. Ingatlah bahwa setiap kali perusahaan ingin memberi tahu Anda tentang seberapa banyak yang mereka lakukan untuk membantu pembuatnya.

Baca Juga: